'/> Dana Bos Dapat Dihapus Kalau Tidak Dinikmati Siswa

Info Populer 2022

Dana Bos Dapat Dihapus Kalau Tidak Dinikmati Siswa

Dana Bos Dapat Dihapus Kalau Tidak Dinikmati Siswa
Dana Bos Dapat Dihapus Kalau Tidak Dinikmati Siswa
Dana BOS Bisa Dihapus Jika Tidak Dinikmati Siswa Dana BOS Bisa Dihapus Jika Tidak Dinikmati Siswa
Bila siswa selama ini tidak menikmati BOS ya sia-sia pemerintah memperlihatkan subsidi.
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengkritik penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sering tidak sempurna sasaran. Menurutnya, dana BOS dapat saja dihapuskan, kalau subsidi tersebut tidak dinikmati siswa.

"BOS dapat saja dihapuskan, tapi yang kasihan siswanya. Namun, kalau siswa selama ini tidak menikmati BOS ya sia-sia pemerintah memperlihatkan subsidi," kata Hamid yang kutip dari JPNN (12/03/17).

Dana BOS yang dipakai untuk membiayai honor guru honorer tak lepas dari sorotannya. Yang semestinya, dana yang dapat diambil dari BOS maksimal 15 persen, namun kenyataannya lebih dari itu.

Hamid mengatakan, realisasi peniadaan alokasi BOS untuk honor guru honorer memang masih jauh. Pemerintah harus melihat kembali kekuatan fiskal sentra dan daerah. Akan tetapi, menurutnya, pembahasan lintas kementerian akan digencarkan untuk realisasi tersebut.

Baca juga: Bertahap Dana BOS untuk Guru Honorer Dihapus

Menurutnya, hal ini akan terus diupayakan mengingat dana BOS harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan siswa. Hal itu juga untuk mendukung kebijakan sekolah gratis dan memperluas jalan masuk pendidikan bagi semua kalangan.

Selain membayar honor guru honorer, dana BOS dipakai untuk membiayai komponen aktivitas lainnya. Perpustakaan, penerimaan siswa baru, ekstrakurikuler, ujian atau ulangan, beli materi habis pakai, langganan daya dan jasa, perawatan sekolah, pengembangan profesi guru, komputer, pembiayaan pengelolaan BOS, dan biaya tak terduga.
Advertisement

Iklan Sidebar